Lampu Kulkas Mati

Lampu Kulkas Mati? Yuk Cari Tahu Penyebabnya!

Diposting pada

Rekomend.id – Lampu Kulkas Mati? Yuk Cari Tahu Penyebabnya! Lampu kulkas mati bisa menjadi masalah yang sangat merepotkan. Selain itu, kondisi ini juga bisa mempengaruhi kualitas makanan yang disimpan di dalam kulkas.

Kebanyakan orang cenderung panik saat menemukan masalah ini, dan mungkin mencoba memperbaikinya sendiri atau bahkan membeli kulkas baru.

Namun, sebelum mengambil tindakan yang lebih drastis, sebaiknya Sobat Rekom memahami penyebabnya terlebih dahulu. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa penyebab umum mengapa lampu kulkas bisa mati dan cara memperbaikinya.

Cara Kerja Lampu Kulkas

Saat pintu kulkas dibuka, saklar akan diaktifkan dan menghubungkan arus listrik ke lampu sehingga lampu akan menyala. Ketika pintu kulkas ditutup, saklar akan didorong dan memutus arus listrik ke lampu sehingga lampu akan mati.

Jadi, jika pintu kulkas terbuka tetapi lampu tidak menyala, kemungkinan ada masalah dengan bohlamnya. Berikut adalah beberapa cara untuk memperbaikinya.

Penyebab Lampu Kulkas Mati

Ada beberapa penyebab mengapa lampu kulkas bisa mati, di antaranya adalah:

1. Masalah pada Saklar atau Switch Lampu

Saklar atau switch lampu pada kulkas bisa rusak karena penggunaan yang sering. Bisa juga karena saklar tersebut mengalami konsleting atau kerusakan pada bagian dalamnya. Jika saklar atau switch lampu tidak berfungsi dengan baik, maka lampu pada kulkas pun akan mati.

2. Kondisi Lampu yang Sudah Rusak

Lampu kulkas bisa mati jika kondisinya sudah rusak. Lampu yang sering digunakan cenderung lebih cepat rusak dan perlu diganti. Selain itu, jika terjadi guncangan atau benturan pada kulkas, maka lampu tersebut juga bisa rusak.

3. Konslet pada Kabel Listrik

Konsleting pada kabel listrik bisa terjadi karena kabel yang sudah tua atau rusak. Konsleting ini bisa terjadi pada bagian kabel yang tersembunyi di belakang kulkas. Jika konsleting terjadi pada kabel yang menghubungkan lampu dengan sumber listrik, maka lampu kulkas pun akan mati

4. Tidak ada Tegangan Listrik / Daya ke Soket Bola Lampu

Agar bohlam dapat menyala, perlu dipasang dengan kuat ke dalam soket. Jika lampu tidak menyala, Sobat Rekom harus memeriksa tegangan di soket terlebih dahulu.

Jika tidak ada tegangan yang terdeteksi, langkah selanjutnya adalah mengganti soket. Sobat Rekom bisa melakukannya sendiri dengan tindakan pencegahan yang tepat atau meminta bantuan dari seorang profesional.

5. Papan Sirkuit yang Rusak

Panel kontrol lemari es terdapat papan sirkuit yang mengontrol berbagai fungsi. Salah satu komponen pentingnya adalah saklar buluh yang terpasang pada peralatan dan kadang-kadang dapat mengalami kegagalan.

Jika saklar buluh gagal, lampu di dalam lemari es akan berhenti berfungsi dan segera perlu diperbaiki.

Cara Memperbaiki Lampu Kulkas yang Mati

Jika lampu kulkas mati, jangan langsung memutuskan untuk membeli kulkas baru. Ada beberapa cara untuk memperbaiki lampu kulkas yang mati, antara lain:

1. Memeriksa Saklar atau Switch Lampu

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memeriksa saklar atau switch lampu pada kulkas. Pastikan saklar tersebut dalam kondisi “On” dan tidak ada konsleting atau kerusakan pada bagian dalamnya. Jika saklar atau switch lampu rusak, maka perlu diganti dengan yang baru.

2. Mengganti Lampu yang Rusak

Jika kondisi lampu kulkas sudah rusak, maka langkah selanjutnya adalah menggantinya dengan yang baru. Untuk mengganti lampu, pastikan kulkas dalam keadaan mati dan kabel listrik sudah dicabut dari sumber listrik.

Kemudian, buka penutup lampu dan lepaskan lampu yang rusak dari soketnya. Setelah itu, pasang lampu yang baru dan tutup kembali penutup lampu.

3. Memeriksa dan Memperbaiki Kabel Listrik yang Konslet

Jika lampu kulkas masih mati setelah memeriksa saklar dan mengganti lampu yang rusak, maka kemungkinan ada masalah pada kabel listrik. Cek kabel listrik yang menghubungkan lampu dengan sumber listrik apakah ada kabel yang putus atau terjadi konsleting.

Jika kabel putus, maka perlu diganti dengan yang baru. Namun, jika terjadi konsleting, perbaiki dengan cara memisahkan kabel yang terkonslet dan memasang isolasi pada bagian yang rusak.

4. Kencangkan Bohlam

Langkah pemeriksaan berikutnya yang paling mudah adalah memeriksa bola lampu, dan memastikan bahwa sudah terpasang dengan aman. Untuk melakukannya, Sobat Rekom harus membuka penutup bola lampu.

Namun, tidak setiap lemari es memiliki konstruksi penutup yang sama, sehingga mungkin perlu dilakukan sedikit pemeriksaan untuk membukanya. Mungkin Sobat Rekom bisa membukanya hanya dengan menekan beberapa kait dan menariknya dari penutupnya, atau mungkin membutuhkan obeng.

Setelah Sobat Rekom berhasil membuka penutup bola lampu dan memiliki akses fisik ke bola lampu, putarlah searah jarum jam untuk memastikan bahwa bola lampu sudah terpasang dengan aman.

Sama seperti kepala senter, terkadang bola lampu dalam lemari es bisa berguncang cukup hebat dengan penutup pintu dan gundukan dalam lemari es sehingga menggoyangkan bohlam hingga tidak terhubung.

Jika lampu menyala setelah Sobat Rekom memutar bola lampu, maka masalah terpecahkan dan selamat. Namun, jika lampu masih tidak menyala, lanjutkan pemecahan masalah dengan cara lain.

5. Periksa Soket Bohlam

Langkah selanjutnya ialah memeriksa koneksi secara lebih teliti. Periksa dasar bohlam dan soket secara bersamaan karena kemungkinan besar keduanya terkorosi atau tercemar oleh debu atau sisa makanan dari dalam lemari es.

Seringkali, soket lampu yang terletak di dalam penutup pelindung plastik menjadi kotor dengan sangat tiba-tiba.

Gunakan kain lembap atau handuk kertas yang telah dibasahi dengan pembersih kaca untuk membersihkan keduanya. Setelah itu, keringkan soket dan dasar bohlam sebelum memasang kembali bohlam. Kemungkinan besar, lampu akan berkedip lagi ketika sambungan dihubungkan kembali.

Jika itu terjadi, maka Sobat Rekom telah berhasil membersihkan kotoran yang menghalangi sekrup menjadi kencang atau mencegah kedua potongan logam menjadi konduktif saat bersentuhan..

6. Ganti Saklar Pintu

Jika semua upaya untuk memperbaiki lampu kulkas tidak berhasil, maka opsi terakhir adalah mengganti sakelar pintu kulkas. Pertama-tama, pesanlah sakelar pengganti sesuai merek dan model lemari es yang digunakan. Setelah mendapatkannya, bersiaplah untuk menggantinya.

Pertama-tama, cabut kulkas sebagai langkah pencegahan. Kemudian, lepaskan sakelar pintu lama dengan menggunakan obeng pipih atau pisau dempul. Matikan sambungan kabel dan pasang sakelar baru ke soket.

Pasang kembali sakelar pintu dan tekan ke dalam. Setelah itu, dengan menggunakan bohlam baru dan sakelar pintu baru, lampu kulkas akan kembali menyala.

Jika semua itu tetap tidak berhasil, maka sebaiknya memanggil teknisi profesional untuk memperbaiki lampu kulkas yang mati.

Baca Juga: Tips dan Cara Memperbaiki Kulkas Rusak Mati Total

Kesimpulan

Demikian informasi dari rekomend.id mengenai penyebab lampu kulkas mati. Dalam kehidupan sehari-hari, lemari es adalah perangkat rumah tangga yang sangat penting untuk menyimpan makanan dan minuman.

Salah satu komponen penting dari lemari es adalah lampu kulkas, yang berfungsi untuk memberikan cahaya saat membuka pintu. Namun, terkadang lampu kulkas mati dan tidak dapat digunakan. Jangan khawatir, ada beberapa cara untuk memperbaiki masalah ini.

Mulai dari memeriksa koneksi hingga mengganti sakelar pintu kulkas, semua dapat dilakukan dengan mudah. Namun, jika semua upaya tersebut tidak berhasil, sebaiknya memanggil teknisi perbaikan alat profesional untuk membantu memperbaiki lampu kulkas yang mati.

Sebuah lemari es yang berfungsi dengan baik akan memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga penting untuk menjaga agar semua komponennya tetap berfungsi dengan baik. Jangan biarkan lampu kulkas mati mengganggu kenyamanan dan keamanan makanan di lemari es Sobat Rekom.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *